Sudah hampir 15 tahun, Parta Suwanda (54) menekuni olahraga sepeda. Pegawai Graha Widya Wisuda (GWW) ini bahkan mengajak rekan sekantornya untuk selalu bersepeda dan membuat grup dengan nama GWW Gowes.
 

 
Ia mengaku terinspirasi dari kakeknya yang tetap bugar di masa-masa tuanya hingga mencapai usia 100 tahun. Resep tetap bugar sang kakek ini ternyata karena rajin bersepeda dari rumah ke tempat kerjanya yang berjarak 10 kilometer. Dengan bersepeda akan diperoleh sehat, bugar dan hidup murah,ujarnya.
 
Kini ia rutin mengayuh sepeda dari rumahnya di Situ Gede ke Kampus IPB Dramaga. Jaraknya memang relatif dekat, yakni sekitar lima kilometer, namun dalam gowes bersama teman-temannya tak jarang ia juga mengayuh sepeda jarak jauh non stop, seperti ke Gunung Bunder dan Ujung Genteng.
 
Ujung Genteng adalah kawasan pantai yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sukabumi sebelah pesisir selatan, berjarak sekitar 175 km dari pusat Kota Bogor dengan akses jalan aspal mulus sampai dengan rusak bergelombang dan kontur berupa perbukitan.
 
Perjalanan ditempuh dengan waktu sekitar 10 jam, termasuk makan dan istirahat. Namun, semua terbayar lunas dengan keindahan alam sepanjang perjalanan dan tentunya di ujung perjalanan. Gowes menjadi sarana refreshing setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan, ujarnya.(dh)