Pada Forum National Sustainability Leaders Meeting 2020 bertema Menciptakan Sustainability Leaders dalam Transformasi Kampus Berkelanjutan secara online Prof Kitikorn Charmondusit, Ph.D dari Universitas Mahidol, Thailand menjadi pembicara kunci untuk mengurai pengalamannya membentuk kelembagaan kantor berkelanjutan dan kampus hijau di Universitas Mahidol.

Berdasarkan pengalamannya, pemimpin perguruan tinggi harus dapat memberi contoh dalam berperilaku yang ramah lingkungan. Setelah itu, untuk mewujudkan kampus hijau, selain melibatkan semua unsur warga kampus, tentunya harus ada dukungan dana.

Turut hadir juga sebagai pembicara di hari pertama diantaranya Wakil Ketua UIGM, Junaidi, MA, Koordinator UIGM untuk Indonesia sekaligus Wakil Rektor Universitas Diponegoro, Prof Dr Ambariyanto, Kepala Lembaga Pengembangan Institut IPB University, Dr Ernan Rustiadi; Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Mukri dan sebagai moderator Dr Aceng Hidayat, Sekretaris Institut (SI) IPB University yang juga Ketua Tim Implementasi Green Campus IPB University.

Di hari kedua, peserta memberikan pemaparan hasil workshop sustainability leader oleh tiga kelompok. Dari pemaparan tersebut disimpulkan bahwa meskipun pengelolaan sustainability dan kelembagaan di perguruan tinggi berbeda-beda, semua peserta sepakat tentang pentingnya unit maupun kantor yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan menyusun strategi, kebijakan serta program keberlanjutan yang melibatkan semua pemangku kepentingan di perguruan tinggi.

Sementara itu, di akhir sesi, Dr Aceng memberikan kesimpulan bahwa sustainability merupakan hal yang penting bagi setiap perguruan tinggi sebagai wadah untuk mewujudkan konsep kampus ramah lingkungan, yang jadi bagian dari pembangunan berkelanjutan.

“Rujukannya bisa dari pilar SDGs secara internasional dan nasionalnya bisa merujuk ke UI GreenMetric. Kelembagaan ini diperlukan baik organisasi maupun aturan mainnya sehingga memiliki arah dan kepastian yang sama. Adanya UI GreenMetric diharapkan bukan untuk persaingan, melainkan untuk saling belajar dan berusaha mewujudkan kampus yang berkelanjutan,” tutupnya.