Pimpinan dan staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), IPB University ikuti kegiatan “Margajaya Bersih”. Yakni kegiatan yang menyusuri Sungai Ciapus untuk membersihkan sampah di sekitar sungai dan pemangkasan pohon. Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Regaci (Relawan Giat Cisadane), Tim Kelurahan Margajaya, RW 3 dan 4 Kelurahan Margajaya, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta warga di sepanjang sungai.

Gerakan “Margajaya Bersih” yang diadakan oleh Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor ini digelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Partisipasi dari tim LPPM IPB University untuk membantu membersihkan sungai ini sangat disambut baik oleh pihak Kelurahan Margajaya.

Pada kesempatan ini, Dr Ninuk Purnaningsih, Asisten Wakil Kepala LPPM mengatakan, meskipun sampah yang berserakan masih cukup banyak, namun pada jalur sungai tersebut banyak dijumpai tanaman bambu dan pohon-pohon rindang yang membuat sejuk meskipun matahari sedang terik.

Pada kesempatan ini, Agus Sapsilo, Lurah Margajaya menyebutkan bahwa jalur sungai dari Ciherang sampai ke depan kantor Kelurahan Margajaya, rencananya akan dijadikan jalur wisata susur sungai. (LPPM/Zul)

Original article:

https://ipb.ac.id/news/index/2020/08/lppm-ipb-university-bersihkan-aliran-sungai-ciapus-di-kelurahan-margajaya/b8117e298904e6fde65567bb13d96194